Senin, 14 Maret 2016

Resep Cara Membuat Ikan Gurami Goreng Garing

Menu Internasional - Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi di kawasan Asia. Salah satunya adalah ikan air tawar yang yang umum disebut ikan gurami. Nah kali ini kami akan kembali membagikan resep nikmat namun sangat sederhana. Resep ikan gurami goreng garing menjadi pilihan tepat untuk menu makanan hari ini. Mengapa dipilih ikan gurami sedangkan ikan laut juga sangat banyak di Indonesia  sebagai negara maritim dan banyak kandungan gizinya. Memang Nusantara sebagai negaa maritim memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Berbagai macam jenis ikan dengan berbagai macam kandungan gizi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun bagi yang jauh dari pesisir akan mendapatkan ikan yang sudah tidak terlalu segar. Ikan air tawar bisa menggantikan ikan laut tersebut.

Ikan gurami merupakan ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai ikan konsumsi sejak dahulu. Selain gurami ada banyak juga ikan budidaya lain seperti lele, patis dan banyak lagi. Namun diantara ikan yang lain gurami seolah menjadi ikan yang lebih bergengsi daibanding ikan yang lain. Bukan saja karena ukuran yang bisa mencapai beberapa kilogram, namun gurami memiliki kandungan protein yang lebih baik daripada ikan-ikan yang lain. Kandungan tersebut dipercaya sangat baik untuk mendukung masa perkembangan dan juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan daya pikir. Untuk itu sangat disarankan bagi anda yang mempunyai anak kecil untuk dibiasakan mengkonsumsi makanan sehat dari ikan. Lihat juga resep ikan gurami bakar untuk melihat resep gurami yang lain.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan tentang ikan gurami yang akan kami buat menjadi makanan yang nikmat kali ini. Untuk itu tanpa banyak menghabiskan waktu, berikut ini adalah resep ikan gurami goreng garing untuk anda semua di rumah. Semoga resep masakan yang kami berikan kali ini sangat berguna dan membantu anda semua yang suka atau sedang belajar memasak. Semoga sesuai dengan selera anda.

Resep Cara Membuat Ikan Gurami Goreng Garing

Bahan-bahan :
  • 500 gram ikan gurami
  • 1 sendok makan jeruk nipis

Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Bersihkan ikan dengan membuang sisik ikan gurami hingga bersih, lalu potong ikan gurami menjadi tiga bagian. cuci ikan hingga bersih. Kemudian lumuri ikan menggunakan air jeruk nipis, biarkan kira-kira 15 menit.
  2. Lumuri ikan gurami menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan, diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap. Panaskan minyak goreng yang banyak dengan wajan, selanjutnya goreng ikan gurami hingga warna berubah kuning kecoklatan, jika sudah segera angkat dan tiriskan.
  3. Ikan gurami goreng garing dengan sambal sesuai selera dan lalapan agar lebih nikmat.

Gurami goreng garing sudah selesai, sangat mudah, sangat sederhana. Resep di atas bisa dihidangkan untuk tiga hingga empat orang. Semoga resep ini membantu, selamat mncoba dan terus berkreasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar