Minggu, 20 Maret 2016

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam

Artikel tentang Cara Membuat Bolu Ketan Hitam.

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Bolu, merupakan makanan yang terbuah dari berbagai bahan campuran seperti telur, gula pasir, tepung terigu dan berbagai bahan lainnya yang kemudian diadoni dan dipangga.

Biasanya bolu ini banyak ditemui di berbagai penjuru Indonesia dengan beraneka ragam jenisnya seperti bolu pisang, bolu gulung dan banyak macam lainnya.

Namun taukah kalian dengan bolu yang satu ini? Bolu Ketan Hitam, yap merupakan bolu dengan campuran ketan hitam didalamnya ini biasanya jarang kita jumpai.

Bolu Ketan Hitam ini mempunyai rasa yang unik dan lembut sehingga tak jarang para penggemarnya harus mencari bolu ini sedikit lebih susah dari pada bolu yang biasa.

Nah bagi kalian yang kesulitan untuk mencari bolu ini kalian dapat membuatnya  sendiri dirumah. Penasaran dengan Resep dan Cara Membuat Bolu Ketan Hitam? simak artikel dibawah ini. Mari persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Bolu Ketan Hitam.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam
Bolu Ketan Hitam
Bahan-bahan :
  • 8 putih telur
  • 1/2 sdt cake emulsifier
  • 175 gram gula pasir
  • 125 gram tepung terigu ayak
  • 150 gram tepung ketan hitam ayak
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150 gram mentega yang dilelehkan
  • 2 sdm susu kental manis
  • 50 ml santan kental
Nah dibagian atas merupkan bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat Bolu Ketan Hitam. Selanjutnya mari kita masuk keproses pembuatannya.

Cara membuatnya :
  1. Pertama kocok putih telur hingga berbusa, kemudian masukan cake emulsifier dan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga kaku.
  2. Masukan tepung terigu, tepung ketan hitam dan baking powder sedikit-sedikit. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata. Tambahkan mentega cair, susu kental manis dan santan. Aduk kembali hingga rata.
  3. Tuang adonan yang telah dibuat kedalam loyang yang telah diolesi dengan margarin dan keryas roti. Pangga adonan dalam suhu 175'C selama kurang lebih 40 menit.
  4. Angkat loyang dari oven, kemudian diamkan selama 5 menit, lalu keluarkan bolu dari loyang. Potong-potong dan sajikan.
Nah Resep dan Cara Membuat Bolu Ketan Hitam diatas dapat menghasilkan 25 potong Bolu Ketan Hitam. Semoga Resep dan Cara Membuat Bolu Ketan Hitam ini dapat membantu dalam memasak kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar