Sabtu, 23 April 2016

Resep Kue Bugis Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Artikel mengenai Resep Kue Bugis Lengkap Beserta Cara Membuatnya.

Taukah kalian dengan makanan tradisional yang satu ini? Kue bugis, merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan hitam, santan dan kelapa yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Kue bugis ini sangat jarang ditemui dipadatnya perkotaan, biasanya kue ini dijual oleh pedagang asongan yang berkeliling dari kampung-kekampung.

Rasanya yang manis dan kenyal membuat sebagian orang masih mencari kue ini untuk sekedar memuaskan hasrat kuliner tradisional.

Bagi kalian yang kesulitan mencari kue bugis ini, kalian dapat membuatnya sendiri dirumah, karna bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bugis sangatlah mudah untuk ditemui dipasar.

Mari persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kue Bugis ini.

 Kue Bugis
 Kue Bugis
Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung ketan hitamh
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml santan kental
  • Daun pisang secukupnya
Isian :
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, parut
  • 150 gram gula merah, sisir
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
Nah dibagian atas merupakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kue Bugis. Selanjutnya mari kita masuk keproses pembuatan Kue Bugis.


Cara membuatnya :

Isian : campurkan semua bahan isian yang telah disiapkan. Kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga semua gula dan bahanlainnya tercampur rata. Angkat, sisihkan.
  1. Pertama campurkan tepung ketan hitam dengan garam, aduk rata hingga rata. Lalu tambahkan santan sedikit demi sedikit sembari terus diuleni hingga adonan tidak lengket dan dapat dibentuk.
  2. Ambil satu sendok makan adonan yang telah dibuat, kemudian beri satu sendok teh adonan isian, lalu bulatkan dan letakkan diatas satu lembar daun pisang kemudian bungkus. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. 
  3. Terakhir kukus adonan yang telah dibungkus dengan daun pisang selama kurang lebih 30 menit sejak air mendidih. Angkat dan sajikan.
Nah Resep dan Cara Membuat Kue Bugis ini dapat menghasilkan 15 buah Kue Bugis. Semoga Resep dan Cara Membuat Kue Bugis ini dapat membantu dalam memasak kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar